Cara Mempercepat Web WordPress Melalui .htaccess

by

WordPress memiliki banyak cara untuk bisa dilakukan optimisasi untuknya. Dengan melakukan optimisasi dari sisi kecepatan website, maka visitor akan dengan senang mengunjungi kembali website anda dan kemungkinan untuk melakukan order pun semakin besar. Alat yang biasa digunakan untuk melakukan test kecepatan akses website adalah GTmetrix.com, disana akan ditunjukan bermacam preferensi yang bisa disesuaikan di website kita. Salah satu yang bisa disesuaikan adalah dengan melakukan optimasi pada sisi .htaccess.

Dimanakah letak file htaccess? htaccess terletak disetiap root folder website anda. Paling umum ada di folder “public_html/.htacecss” Jika Anda mengaksesnya melalui cpanel, maka pastikan bahwa Anda telah mencentang pilihan “Show hidden files (dotfiles)” karena file dengan ekstensi bermula titik (dot) termasuk hidden file. Akses cpanel Anda, dan masuk ke menu File Manager. Anda juga bisa mengaktifkan pilihan ini saat awal mula melakukan klik pada menu File Manager tersebut.

ht2

ht

Setelah itu edit file .htaccess, kemudian tambahkan baris kode dibawah ini. Dengan menggunakan kode htaccess ini, anda bisa menghindari penggunaan plugin untuk optimasi, sehingga kerja dari wordpress juga menjadi lebih ringan.

Setelah pemasangan kode ini, Anda bisa mencoba melakukan tes lagi di GTmetrix.com dengan menggunakan fitur compare mereka. Jika ada yang ingin disampaikan, sampaikanlah di kotak komentar, dan bagilah tips ini pada Facebook atau sosial media Anda!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *