Propagasi Domain – Berapa Lama Perubahan DNS Dibutuhkan?

Ketika sebuah domain baru terdaftar, nameserver diubah, atau perubahan DNS dibuat, Perlu waktu propagasi hingga 24 jam. Ini dikarenakan DNS butuh waktu sampai di berlakukan di Internet. Waktu propagasi dapat bervariasi di beberapa lokasi berdasarkan setup jaringan Anda.

Apa itu Propagasi?

Saat Anda mengubah DNS, diperlukan waktu sampai membuahkan hasil. Ini disebut Propagasi DNS. Dimana propagasi adalah waktu yang dibutuhkan oleh sebuah DNS Domain untuk memperbaharui cache jaringan.

Berapa lama waktu yang di butuhkan?

Cache akan di perbaharui berdasarkan waktu yang di tentukan. Kami menyarankan untuk menunggu sampai 24 Jam agar cache DNS dapat diperbaharui sepenuhnya. DNS akan di perbaharui berdasarkan “TTL” atau ” Time To Live “. Saat DNS telah diperbaharui berdasarkan TTL, propagasi telah selesai sepenuhnya dan situs anda dapat diakses.

Bagaimana cara memeriksa jika propagasi telah selesai?

Anda dapat memeriksa jika propagasi telah selesai dengan menggunakan situs propagasi berikut.

https://www.whatsmydns.net/

Anda juga dapat melakukan ping dan trace route ke domain Anda lewat Windows/Mac command prompt untuk melihat jika propagasi telah selesai.

Apakah saya bisa mempercepat proses propagasi?

Jawaban singkatnya adalah tidak. Anda dapat mempercepat propagasi domain dengan mengatur TTL ke angka yang lebih kecil tetapi cara ini tidak di rekomendasikan.

Anda dapat membersihkan cache DNS Anda. Untuk informasi lebih lanjut mengenai cara membersihkan cache DNS silahkan lihat artikel kami di sini.

Bagikan

2 thoughts on “Propagasi Domain – Berapa Lama Perubahan DNS Dibutuhkan?”

Leave a Comment